Tekadmu adalah Kekuatanmu

By Administrator 09 Apr 2023, 06:58:14 WIB Education
Tekadmu adalah Kekuatanmu

Gambar : Ilustrasi Semangat Tanpa batas


Untuk meraih kesuksesan hidup, dibutuhkan kemauan keras dari dalam diri masing-masing orang. Tanpa adanya kemauan yang keras dalam diri, jalan menuju keberhasilan tentu akan terasa lebih sulit.

Dalam dunia psikologi, kemauan keras untuk mencapai tujuan tertentu dikenal dengan istilah tekad. Tanpa adanya kemauan ini dalam diri, keberhasilan adalah hal yang mustahil, kecuali jika Anda memiliki keberuntungan.

Apa itu tekad

Tekad adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dalam mencapai tujuan jangka panjang. Dengan tekad yang kuat, Anda akan mengesampingkan pikiran, perasaan, atau impuls yang dapat jadi penghalang dalam meraih keberhasilan.

Tekad sama seperti halnya otot. Jika Anda memiliki otot besar, kemampuan untuk mengangkat beban berat tentu akan lebih baik. Begitu pula dengan tekad, apa yang didapat nantinya akan sesuai dengan usaha Anda.

Tekad terbagi ke dalam dua jenis, di antaranya dengan usaha dan tanpa usaha. Tekad dengan usaha adalah jenis yang melibatkan penekanan. Jenis ini membuat Anda secara aktif menutup diri dari godaan.

Sementara itu, tekad tanpa usaha merupakan kemampuan untuk memotivasi diri sendiri agar tetap berpegang teguh pada rencana dengan menggunakan imbalan. Contohnya, jika Anda baru menjalani diet ketat selama seminggu, hari ke-8 bisa dimanfaatkan sebagai cheating day sebelum kemudian melanjutkan program hingga mencapai berat badan yang diinginkan.

Pentingnya Tekad dalam hidup

Tekad merupakan salah satu aspek penting dalam diri. Tanpa adanya kemauan keras, Anda akan kesulitan dalam mencapai berbagai tujuan, misal menurunkan berat badan menabung, mendapat nilai bagus, hingga memenangkan kompetisi tertentu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan psikolog Walter Mischel, ditemukan hubungan antara tekad dengan kesuksesan. Pada penelitian tersebut, ia meminta sejumlah anak usia prasekolah untuk berada di depan meja yang bagian atasnya terdapat semangkuk marshmallow.

Anak-anak tersebut kemudian diberitahu bahwa mereka boleh memakan satu marshmallow di dalam mangkuk tersebut. Namun, jika anak-anak itu mau menunggu selama 15 menit, mereka akan mendapatkan 2 marshmallow.

Beberapa tahun kemudian, para peneliti melacak bahwa subjek penelitian mereka yang mampu menahan keinginan untuk memakan marshmallow secara langsung memiliki keunggulan dalam sejumlah hal saat memasuki usia remaja, antara lain:

  • Punya harga diri yang lebih tinggi
  • Lebih Berprestasi di bidang akademik
  • Dapat mengelola stres dengan lebih efektif
  • Memiliki nilai scholastic assesment tes (SAT) yang lebih baik

Cara memperkuat Tekad dalam Diri

Rapuhnya tekad akan menuntun Anda pada kegagalan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperkuat tekad dalam diri sehingga bisa lebih mudah meraih keberhasilan hidup. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan, meliputi:

Menghindari Godaan

Menghindari godaan merupakan salah satu cara menumbuhkan tekad dalam diri Anda. Misal, saat Anda sedang menjalani program diet, jangan pergi ke tempat dengan banyak makanan. Datang ke tempat penuh makanan berpotensi membuat program diet Anda gagal, terlebih jika tampilan dan aromanya menggoda.

Istirahat yang cukup

Kelelahan dapat mengurangi kemampuan seseorang dalam menahan godaan. Ketika Anda kurang tidur, Anda cenderung lebih mudah menyerah, kesulitan untuk fokus, hingga sering membuat keputusan berisiko.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment