Kenapa Harus Pramuka ?

By Administrator 26 Feb 2021, 23:20:46 WIB Pendidikan
Kenapa Harus Pramuka ?

SALAM PRAMUKA

Kenapa harus Pramuka? Kenapa? Itu mungkin pertanyaan bagi orang- orang diluar pramuka…atau bahkan orang pramuka sendiri yang bertanya seperti itu….Apakah perlu kita jawab……pastinya iya….

Kita lihat dulu apa sih tujuannya…..

TUJUAN PRAMUKA

Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar;

  1. Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Nah tuh…keren kan tujuannya…..Oleh karenanya wajar kalau pemerintah menjadikannya program wajib di kurikulum terbaru…..

Kita juga harus melihat sejarah terdahulu

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tidak suka dengan pramuka? Jawabannya mudah….untuk mereka yang tidak suka tentunya ndak harus bisa tali-temali, sandi-sandi, keterampilan berkemah atau lain….lain…..mereka cukup meresapi jiwa atau roh dari pramuka…yaitu kebersamaan, kesederhanaan dan tentunya patriotisme yang ditanamkan…bagi mereka yang sudah ada jiwa seperti tersebut berarti mereka sudah berPRAMUKA didalam hatinya…meskipun tidak memakai simbol-simbol pramuka.

INGAT pesan terakhir Baden Powel

I believe that God put us in this jolly world to be happy and enjoy life. Happiness doesn’t come from being rich, nor merely from being successful in your career, nor by self-indulgence. One step towards happiness is to make yourself healthy and strong while you are a boy, so that you can be useful and so you can enjoy life when you are a man.

Nature study will show you how full of beautiful and wonderful things God has made the world for you to enjoy. Be contented with what you have got and make the best of it. Look on the bright side of things instead of the gloomy one.

Aku yakin, bahwa Tuhan menciptakan kita dalam dunia yang bahagia ini untuk hidup berbahagia dan bergembira. Kebahagiaan tidak timbul dari kekayaan, juga tidak dari jabatan yang menguntungkan, ataupun dari kesenangan bagi diri sendiri. Jalan menuju kebahagiaan ialah: membuat dirimu lahir dan batin sehat dan kuat pada waktu kamu masih anak-anak, sehingga kamu dapat berguna bagi sesamamu dan dapat menikmati hidup, jika kamu kelak telah dewasa. Usaha menyelidiki alam akan menimbulkan kesadaran dalam hatimu, betapa banyaknya keindahan dan keajaiban yang diciptakan oleh Tuhan di dunia ini supaya kamu dapat menikmatinya! Lebih baik melihat kebaikan-kebaikan pada suatu hal daripada mencari kejelekan-kejelekannya.

Dan bagi orang pramuka sendiri,kalau sudah lupa…kita kembalikan tujuan dari pramuka….dan selalu berpegang teguh pada DASA DARMA dan TRI SATYA….

IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWALAKSANA….SALAM PRAMUKA

 

Oleh : Kak Bayu Bramasta Giri, S.Pd, M.Pd

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment