DIRGAHAYU RI KE 77

By Administrator 21 Des 2022, 08:20:31 WIB Sejarah Indonesia
DIRGAHAYU RI KE 77

Hari Ulang Tahun ke 77 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 dengan mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Dilansir dari situs resmi Kemensetneg, disebutkan bahwa tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” ini adalah harapan bagi bangsa Indonesia.

Tema HUT RI ke-77 mendeskripsikan mengenai kondisi Indonesia yang menghadapi tantangan dan ujian sejarah pada dua tahun lebih ini. Nah, tema HUT RI ke-77 ini mengajak kita untuk bangkit setelah dampak buruk pandemi yang semakin turun.

Logo untuk HUT RI ke-77 menampilkan angka 77 yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas.

Hal ini menjadi refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia. Pemilihan tema HUT RI ke-77 dan logo ini mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. Mengutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berikut makna dan filosofi dari logo HUT RI ke-77.

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progres danpembangunan segala sektor di Indonesia.

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia. Garis miring dan sudut runcing,yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkitl ebih kuat dan tangguh.

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

Sudut penghubung melambangkanperan Indonesia pada forum G20 dalammempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

Angka satu melambangkansemangat persatuan BhinnekaTunggal Ika sebagai semboyanbangsa Indonesia yang besar, kuat,dan bersatu. Logo ini bisa diunduh masyarakat di laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Sehingga masyarakat bisa menyebarluaskan tema dan logo HUT RI ke-77 di media sosial masing-masing.

"Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" ini diusungkarena mengingat situasi Indonesia selama dua tahun terakhir hingga saat ini masih berjuang untuk bangkit dari pandemi Covid-19

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment